Tip Buat Logo

Proses sederhana dalam mendesain, contohnya pembuatan logo (corporate identity) perusahaan B :

proses pembuatan karya :
- menerima permasalahan yaitu membuat logo perusahaan A
- mengumpulkan data tertulis/observasi (wawancara dengan pihak perusahaan) mengenai perusahaan A (bidang, asal
kota, slogan,dll)
- membuat konsep yang akan diterapkan pada logo tersebut berdasarkan data yang kita dapatkan
- berkreasi berdasarkan unsur desain seperti harmoni and balancing, penerapan warna, bentuk,komposisi,tipografi (penggunaan jenis huruf)yang sesuai dengan ciri khas perusahaan (yang bisa dilihat dari bidang / visi dan misi perusahaan,dll)(sketsa bisa dengan manual/ komputer) - Asistensi (sebagus-bagusnya karya jika tidak tepat dalam mempresentasikannya akan menjadi nilai minus)

proses kerja :
- mengetahui dead line (sanggup/tidak)
- sebelum bekerja membuat pernyataan tertulis di atas kertas M.O.U.(jika perlu)
- membuat time line (misal berapa hari anda mengumpulkan data, membuat konsep, sketsa kasar , dll)
- membuat berkas kerja untuk proses asistensi kita terhadap klien(supaya klien tidak meremehkan pekerjaan kita dan tidak banyak berkelit, intinya profesional)

Setiap tempat dibumi memiliki iklim, terrain, aktivitas, gairah, tingkatan moral, komunikasi, transportasi, yang berbeda satu sama lain, perbedaan tersebut biasanya mempengaruhi adat atau sifat suatu suku atau bangsa, adat atau sifat yang mendarah daging tersebut tampaknya tidak terlalu tergoyahkan oleh arus globalisasi yang kerap kali mempengaruhi gaya hidup warga dunia. Hal-hal tersebut dapat mempengaruhi seseorang dalam berkarya terutama desain.

Dalam menilai suatu karya desain seharusnya bagus jeleknya tidak dapt dinilai hanya dari perwajahannya saja. dari sisi umum perbedaan watak, sifat, kepribadian, serta pengetahuan manusia dapat mempengaruhi besar kecilnya apresiasi terhadap suatu karya desain, lain halnya dengan seorang desainer yang mengetahui bagaimana proses untuk menilai karya sebagaimana yang selalu ia kerjakan dalam membuat suatu karya desain.
Hal ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi seorang desainer bagaimana membuat suatu karya yang tepat, yaitu konsumen bisa menangkap ide kreatif kita dengan mudah dan cepat. Bayangkan seperti seorang ibu rumah tangga yang bekerja keras membuat saluran perairan dari pegunungan seorang diri, agar air dapat mengalir ke kampungnya, setelah sekian lama bekerja keras akhirnya air sampai juga di kampungnya, dan semua orangpun mendapat kemudahan dari hasil kerja keras sang ibu tersebut.Tidak semua yang mudah atau memudahkan itu murahan karena ada kerja keras didalamnya hanya tidak semua orang yang tahu bagaimana seseorang tersebut bekerja keras.

semoga bermanfaat....selamat berkarya

Lomba Desain Logo PT Pos Indonesia (Persero)

Belum punya mobil atau belum punya Note Book..buruaan ikutan ....Gratisss!!! Lomba design Logo PT Pos Indonesia (Persero)

Persyaratan Peserta
- Terbuka untuk umum, WNI, perorangan maupun kelompok, kecuali panitia, dewan juri dan keluarganya.
- Tidak dipungut biaya pendaftaran
- Peserta melampirkan identitas diri (fotokopi KTP)
- Peserta wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan keaslian ide (bisa didownload di www.posindonesia.co.id)


Kriteria Logo
- Logoberupa logogramdanlogotype(gabungan keduanya)
- Logo adalah karya asli, bukan jiplakan atau contekan
- Logo harus mencantumkantext POS INDONESIA
- Logo harus dapat mengkomunikasikanmisi dari PT POS INDONESIA
- Penampilan logo sederhana, mudah diingat & diterapkan pada berbagai kemungkinan teknik dan media, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi
- Logo belum pernah dipublikasikan / disayembarakan
- Semua karya yang dikirimkan menjadi milik panitia
- Dewan Juri dan PT POS INDONESIA berhak melakukan perubahan desain bila diperlukan dan pemenang wajib melakukan revisi perubahan

Jadwal Penerimaan dan Penjurian
- Batas akhir penerimaan logo adalah tanggal 10 Desember 2008
- Penjurian Tahap 1 dilakukan tanggal 15 - 17 Desember 2008
- Penjurian Tahap 2 dilakukan tanggal 19 - 20 Desember 2008
- Panitia & Dewan juri tidak melayani surat menyurat pada lomba ini.
- Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat
- Semua karya menjadi hak milik PT POS INDONESIA

Dewan Juri
1. Dr. I Ketut Mardjana (Wakil Dirut PT Pos Indonesia)
2. Narga Habib (Brand Consultant / Praktisi Periklanan )
3. Hakim Lubis (Creative Director / Praktisi Periklanan )
4. Drs. Indarsjah Tirtawidjaja (Dosen & Anggota Kelompok Keahlian
KOMUNIKASI VISUAL dan MULTIMEDIA (KVMM) FSRD ITB, Dekan Fakultas Komunikasi Visual (FDKV) Universitas Widyatama)
5. Dr. Priyanto Sunarto (Pengajar DKV ITB)

Ketentuan Teknis
- Peserta dapat mengirimkan maksimal 2 alternatiflogo
- Logo harus memiliki warna korporat PT. POS INDONESIA
- Identitas peserta ( Nama, Alamat, Pekerjaan, No telpon ) ditempel di kanan bawah belakang karya.
- Konsep diketik di kertas A3, 1,5 spasi dan ditempel di bagian belakang desain logo utuh.
- Menyertakan CD file desain logo dalam format CMYK :
* Folder Logo Asli : Corel Draw / Freehand / Illustrator
* Folder Presentasi : JPEG 300 dpi ( high quality )
* Folder Konsep Logo : Ms Word
- Lampirkan surat pernyataan yang berisi keterangan orisinalitas logo yang ditandatangani di atas meterai Rp.6000,
- Semua dokumen dimasukan ke amplop coklat tertutup tidak boleh dilipat, dikirimkan ke :
Panitia Sayembara Logo PT POS INDONESIA PO BOX : LOMBA DESAIN LOGO BANDUNG 40000

-Untuk keterangan lebih lanjut, peserta dapat mendownload informasi di : www.posindonesia.co.id

Penentuan Penilaian
- Orisinalitas karya
- Relevansi logo dengan misi PT POS INDONESIA
- Unsur estetika
- Pengaplikasian logo pada berbagai media

Hadiah
- Satu (1) pemenang Utama berhak mendapat hadiah berupa :
1 (satu) unit Grand Livina + Piagam Penghargaan
- Empat (4) pemenang Hiburan berhak mendapat hadiah masing-masing berupa :
1 (satu) unit macbook + Piagam Penghargaan
- Pajak, transportasi dan akomodasi ditanggung pemenang.

Pengumuman pemenang akan dipublikasikan pada surat kabar Kompas, 27 Desember 2008 dan www.posindonesia.co.id

KEKUATAN TERBESAR MANUSIA

Manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan mahakarya. Kekuatan terbesar dalam diri manusia itu terdapat pada pikiran. Tetapi
kita jarang membuktikan kekuatan pikiran tersebut, sebab kita sering terjebak dalam zona nyaman atau kebiasaan tertentu. Sehingga selamanya tidak dapat mencari kemungkinan yang lebih baik atau perubahan nasib yang berarti. Oleh karena itu milikilah target yang lebih tinggi untuk merangsang kekuatan dalam pikiran tersebut. Sebab target atau sasaran baru yang dipikirkan itu akan menggerakkan diri kita untuk melaksanakan tindakan. Apalagi jika diyakini target tersebut bakal tercapai, maka diri kita akan lebih siap menghadapi tantangan yang ada. Setelah tindakan-tindakan baru yang lebih konstruktif dikerjakan hingga berulang-ulang, maka tanpa disadari kita sudah banyak melakukan hal-hal penting hinga kita tiba di zona baru, dimana kita berhasil mencapai target yang didambakan. Itulah mengapa dikatakan bahwa manusia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pikiran bawah sadar. Kekuatan pikiran bawah sadar itu dapat dibangkitkan melalui 2 cara,
yaitu: autosuggestiondan visualization.

Autosuggestion

Keinginan-keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita
untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. Keinginan yang sangat besar dan terekam dalam pikiran bawah sadar itulah yang dinamakan autosuggestion. Autosuggestion seharusnya dilakukan dengan penuh rasa percaya,
melibatkan emosi dalam diri, dilakukan penuh konsentrasi terhadap obyek yang positif, dan berulang-ulang.
Selanjutnya, pikiran bawah sadar inilah yang akan mendikte gerak-gerik tubuh kita. Kekuatan yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar itu sangat dahsyat entah digunakan untuk melakukan perbuatan buruk atau baik. Kadangkala niat untuk melakukan sesuatu secara otomatis muncul dari pikiran bawah sadar.

Autosuggestion akan mengetuk kesadaran (heartknock) . Karena dilakukan berulang-ulang dan rutin, suatu ketika kata-kata tersebut akan menembus pikiran bawah sadar. Lalu pikiran bawah sadar itupun memompa semangat. Energi itu dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan impian hidup kita. Mungkin kegiatan autosuggestion ini akan dianggap aneh oleh orang lain.
Tetapi itulah salah satu cara untuk mengubah diri dari dalam. Biasakan mendengar pola pikir positif dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang konstruktif. Jadi jangan ragu untuk melakukan budaya-budaya yang potensial, menumbuhkan optimisme dan kreatifitas.

Ada 5 (P) petunjuk dalam melakukan autosuggestion, yaitu;

- Positive : pada saat melakukan autosuggestion, pikirkan hal-hal yang positif saja.

- Powerful : lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang luar biasa.
- Precise : keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori.
- Present Tense: dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau akan datang.
- Personal : lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

Visualization

Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Dengan cara memvisualisasikan impian terlebih dahulu, terciptalah banyak sekali karya-karya spektakuler di dunia ini. Marcus Aurelius Antonius, seorang kaisar
Romawi jaman dahulu mengatakan, “A man’s life is what his thought make of it - Kehidupan manusia ialah bagaimana mereka memikirkannya. ”
Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan.
Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Tuhan Yang Maha Esa menganugerahkan potensi yang sama besar kepada manusia. Tidak ada ruginya membayangkan betapa berpotensinya diri kita untuk mencapai impian-impian. Berikut ini beberapa langkah dalam memvisualisasikan impian, yaitu:

1. Mendefinisikan impian

Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita.

2. Menentukan target waktu

Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang, Be the best, do the best, and then let God take care the rest ?Jadilah yang terbaik, lakukan
yang terbaik, biarlah Tuhan yang menentukan.
Potensi yang kita miliki kelihatannya sangat sayang jika tidak dioptimalkan.

3. Melakukan berulang-ulang

Melakukan ulangan artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif. Jika impian lebih sering diimajinasikan ternyata dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Imajinasi yang diulang-ulang ini akan secara tidak langsung merangsang ilusi akan kenyataan yang luar biasa tentang potensi kita sebagai umat manusia. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar
bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kita pada suatu waktu.*

Sumber: Kekuatan Pikiran Bawah Sadar oleh Andrew Ho

Komentar Saya :

Membaca dan merenungi apa yang di katakan artikel Motivator dari Andrew Ho tersebut..
itu memang benar adanya, terbukti terjadi pada diri saya pribadi, (baca "OBSESI PUNYA KAMERA DSLR") dulu Saya sangat mengimpikan punya kamera digital ...kapan ya punya kamera digital???" pikir saya dulu" seiring berjalannya waktu, selama dua tahun menunggu, akhirnya saya sekarang udah punya kamera digital, Nikon D80 lagi......kamera yang saya mimpikan. setiap apa yang kita impikan tidak terjadi begitu saja, atau jatuh dari langit tapi kita harus selalu berusaha, bekerja keras juga tawakal agar tetap fokus pada apa yang kita impikan..


Memulai Belajar Desain Grafis

Bagaimana memulai belajar Desain Grafis? Memang itu sebuah pertanyaan yang sangat mendasar bagi seorang desiner pemula.

Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis di search http://id.wikipedia.org/

Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.

Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).

Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Program Pengolah Grafis
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress

2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer

3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image

4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition

5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro

(sumber: slamet riyanto)

(Kumpulan designer graphic)

Senja di Kampung Kuin




Pulang kerja, jalan-jalan ke Kampung Kuin, daerah ini dulunya kerajaan Banjar. peningalan yang masih tersisa adalah Masjid Kuin, dan makam Pangeran Sultan Suriansyah. Banyak anak-anak mandi jika sore hari, bagus banget untuk objek foto, apalagi suasana kampung yang masih bersahabat. Sore itu senja hari sangat bagus banget, awan yang siluet agak gelap sih, aku ngambil foto ini Jembatan Putih yang di kenal di Kampung Kuin, padahal jembatannya terbuat dari ulin berwarna coklat. kehidupan di Kampung Kuin masih mengandalkan sungai sebagai sumber kehidupan, seperti mandi, cuci pakaian dll.

Muhammad Akmal Ghani

Muhammad Akmal Ghani, di panggil Akmal tidak terasa sekarang sudah berumur 3 tahun 4 bulan , dulu Akmal lahir jam 09.05 Kamis pagi melalui proses normal, tanggal 11 Agustus 2005 atau 6 Rajab 1426H bertepatan dengan dua peristiwa besar yaitu meninggalnya ulama besar kharismatik Kalimantan Selatan tuan guru Sakumpul KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Ijai) dan peristiwa Isra Mi’raj. Dengan meminta nama belakang tuan guru Sakumpul “Ghani” agar nanti Akmal menjadi anak yang berguna bagi agama, kedua orangtuanya, keluarga, nusa dan bangsa.

Akmal sekarang sudah bisa berdo’a seperti doa makan, doa tidur. Akmal juga sekarang hebat main computer, klik..klik…babah..babah “ katanya nangis berarti ada yang salah mainnya. Main game paling di suka Akmal, sering berebut dengan mamanya jika main komputer. Pasti nangis !!!!.

Akmal malas makan, kaga tau apa yang membuat dia malas makan, udah dikasih minum obat napsu makan Scoot emusion, masih tetap malas makannya, sekarang badannya agak kurusan. Akmal makan !!!!!biar jadi kuat !!!! sehari Akmal kadang makan tiga kali tapi jika malas mamanya bisa 2 kali aja makannya, itupun juga dipaksa makan. Gue sebagai abahnya (panggilan orang Banjar kepada bapaknya) kagum dengan daya ingat Akmal, Makanya gue semangat ngasih kepercayaan main-main computer.

Akmal juga udah bisa cara shalat “awwuh akbaiii”(allahu Akbar) sambil bersujud lalu tengkurap. Melihat cara Akmal shalat, membuat hati ini rasa bersalah…….anak kecil aja mau shalat, gue udah berulang-ulang disuruh shalat oleh bini gue, tapi perasaan hati ini belum……..,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,……………………….

Lomba Kompetisi Foto "Kemenangan Hati yang Fitri"

aku mencoba ikutan lomba foto tentang lebaran, itu juga baca di FN. untung stock foto untuk lomba foto tersebut ada, ketika hunting bulan puasa kemaren. salah satu foto ku yang bercerita salah seorang penjual gorengan dengan khusuknya shalat I’ed bersama jamaah lainnya, moment ini sangat menyentuhku, untuk urusan duniawi ditinggalkannya dulu..waktunya untuk menghadap sang pemberi rezeki, moga makin tambah rezekinya..Amin.
Lebih 5 foto kukirim sesuai dengan tema foto yang dilombakan, karena baru pertama kali ikutan lomba foto aku tidak terlalu berharap banyak, karena kulihat dari foto yang masuk di web pasarkreasi tersebut sangatlah luar biasa dan bagus-bagus, menurut pandanganku, yang mengirim foto adalah fotografer yang udah berpengalaman di dunia fotografi. Kutunggu selama satu bulan dan berharap aku masuk nominasi….tapi harap –tingal harap..setelah baca new di FN halaman 3, Berdasarkan hasil penilaian awal diperoleh 15 nominator pemenang kompetisi foto dengan tema "Kemenangan Hati yang Fitri" yang diselenggarakan mulai 15 September sampai dengan 25 Oktober 2008. Selanjutnya ditentukan 3 pemenang utama dan 2 pemenang harapan setelah melalui penilaian yang sangat ketat dan alot, karena masing-masing nominasi foto memiliki nilai artistik dan meaningful yang bersaing sangat ketat. berikut 15 nominator pemenang Lomba Foto "Kemenangan Hati Yang Fitri" dari sekitar 800 an lebih foto yang masuk. (urutan bukan menunjukkan urutan juara) :

Semangat Idul Fitri---Ivan Maha Karyana Tarigan
Khusyuk--- Satrio Nusantara
Kasih dihari Fitri --- Arif Nugroho
Menunggu anak cukur buat besok lebaran --- Chandra Eka
Tawaqal--- Yudhi Sukmawijaya
Bersihkan diri --- Rahmad Suryadi
Maaf lahir bathin pak ustadz hiks hiks--- Gunawan Wicaksono
Belum Selesai --- Michael Novrianus
Takbir Kemenangan ---Dadang Tri Mulyanto
Satu dalam doa --- Yosep Arkian
Lebaran-ii --- David Gita Roza
Kasih ibu di hari yang fitri --- Paulus Widiatmoko
Pulang membawa kemenangan --- Paulus Widiatmoko
Kosong-kosong --- Agus Salim
Mengantar ketupat lebaran --- Ahmad Junaidi


Sehingga diputuskan 5 pemenang tersebut adalah sebagai berikut:
1. Takbir Kemenangan
2. Kosong-kosong
3. Maaf lahir bathin pak ustadz hiks hiks
Harapan ke-1 Kasih di hari fitri
Harapan ke-2 Mengantar ketupat lebaran

tak ada namaku di daftar pemenang tersebut, aku kecewa, tapi tak apalah kan wajar aja baru pertama kali ikutan lomba, tapi kegagalan ini memacu aku untuk lebih banyak belajar kepada suhu2 dan senior fotografer agar nanti menghasilkan karya yang membanggakan, mudah-mudahan…amin..10x. Selamat kepada para pemenang !!!

Hunting di Taman Maskot Banjarmasin

Minggu(17/8/08) Sabtu sore aku di ajak temanku dari B. Post, si Afunk, dia wartawan foto B. Post, udah ribuan foto di koleksinya, dan Udin Sarunai, crew redaksi B.Post tukang bikin gambar oldig, katanya mau ikut hunting bareng besok di taman maskot, nah..ini kesempatanku ikut bareng, karena berkumpulnya para fotografer Banjarmasin, bisa sharing nih tentang fotografi, akukan new be dalam dunia fotogarafi rencananya mau gabung di komunitas mereka, para fotografer ini udah membentuk suatu wadah atau komunitas fotografer di Banjarmasin bernama South Borneo Fotografhy Community disingkat SBFC . Para fotografer ini biasanya mengadakan hunting bareng dengan anggotanya, salah satunya di Taman Maskot ini. Pagi Minggu aku langsung datang di kantor B. Post, yang lain udah menunggu, setelah semua pada terkumpul kami menyebarang ke Taman Maskot di Jalan H. Mussyafa depan Kantor B. Post. Dengan model cantik dari Jakarta, teman Afunk kenal di Internet. Orangnya cantik ramah lagi, Aku tambah semangat dengan gaya fotografer profesional ngikutin gaya mereka. akukan baru pertama kali ikut hunting bareng bersama fotogarafer Banjarmasin yang rata-rata udah berpengalaman. Jadi agak kikuk juga sih, tapi karena pingen tahu dunia fotografer, aku tampil agak cuek sambil nanya tentang kamera yang aku pakai, untung ada diantara mereka pakai Nikon juga, jadi enak nanya nya. Hampir selama 4 jam dengan berfoto ria dengan model, aku beserta fotografer lain break dan makan di RM. Wong Solo dekat Taman Maskot. Rencananya mereka mau hunting bareng keliling kota, untuk nyari objek foto 17an yang bagus. Aku memutuskan tidak ikut, karena ada keperluan lain. Besoknya aku mungkin akan hunting sendiri keliling kota.

Liburan ke Ibukota Jakarta

Rabu (12/3/08) aku bersama my brother liburan ke Jakarta, sejak dulu aku pingen liat kota Jakarta, akhirnya kesampaian juga, itu di ajak brother. Take off dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin jam 12.30 naik pesawat Sriwijaya Airline, dangan perasaan gugup dan kaga PD, maklum baru pertama kali naik pesawat, brother udah puluhan kali naik pesawat jadi kaga canggung. Waktu pesawat terbang aku langsung baca2 doa moga selamat sampai tujuan. Akhirnya selama 1 jam di dalam pesawat tiba di Bandara Soekarno Hatta jam 15.00 WIB. ‘ Alhamdullilah “ kataku dalam hati. Di Bandara kami charter mobil dan tanjap gas menuju hotel, selama dalam perjalanan menuju Hotel, pandangan mataku ke kiri dan kekanan. Kulihat jalan tol dan gedung2 pencakar langit juga Bundaran HI yang hanya sering kuliat di televisi, sekarang semuanya nyata kulihat di hadapanku. Dan kami tiba di hotel yang lumayan bagus dan bersih, rasanya enak banget terbaring di kamar hotel.

Kamis (13/3/08) Pagi ini kami rencananya mau ke Monas, setelah sarapan pagi di hotel kami meluncur dengan naik bajaj, kenapa naik bajaj bukan taksi?, dengan bajaj kami charter lebih leluasa liat2 suasana kota Jakarta ‘ kata my brother yang menjadi guide selama liburan di Jakarta ini. Kulihat kehidupan Jakarta dan Banjarmasin, tidaklah berbeda, malah lebih parah di kota Jakarta. Macetnya luar biasa, bajaj, motor, bis kota, memacu berdesakan dan saling mendahului. Akhirnya sampai juga di Monas, dengan sedikit udik aku foto2 dengan my brother, didalam monas ini banyak peningalan bersejarah kota Jakarta, kami naik ke tugu Monas dengan naik lift, diatas sini kota Jakarta yang luas dapat dilihat apalagi ada teropong gede, bisa liat tuh masjid istiqlal di depan mata.

Masjid istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Indonesia menjadi tujuan kami berikutnya sekalian mau shalat Dzuhur dan makan siang, besar sekali masjid Istiqlal ini pikirku” sama seperti di Masjid raya Sabilal Muthadin di Banjarmasin, kami juga berfoto dengan beduk paling besar yang pernah aku lihat,

istirahat sesudah shalat kami melanjutkan lagi perjalanan, dengan naik Busway meluncur keJakarta Convention

Center (JCC). Disini diadakan ‘Jakarta Photo & Digital Imaging EXPO FOCUS 2008’ pameran

ini berlangsung selama 3 hari, disini tempat berkumpul para fotografer yang khusus datang dari daerah masing2. rencana aku mau liat2 kamera digital, dan mau beli kamera yang sudahkuidam-idamkan bertahun-tahun. Setelah 3 jam lebih kami liat stand2, akhirnya aku beli kamera Nikon D80 plus lensanya di ALTA Center. juga beli perlengkapan studio foto. Dengan di iringi gerimis hujan kami balik ke hotel dengan naik taksi. Dan istirahat untuk melanjutkan perjalanan besuk.

Jum’at (14/3/08) setelah sarapan pagi kami berangkat menuju Pasar Tanah Abang untuk beli oleh2 di rumah, di pasar tanah Abang ini sama seperti di Pasar Sudimampir Banjarmasin, hiruk pikuk orang tawar menawar harga barang, tapi di sini tempat grosir beli pakaian, kain, mainan anak2. kemudian kami melanjutkan ke Mangga Dua Square, liat baju dan barang elektronik, dan shalat Jum’at di Masjid Nurul Abrar Mangga Dua Square, makan siang di daerah Masjid tersebut. Lanjut lagi ke Museum Fatahillah, di sini terdapat kota kuno Jakarta tempoe doloe, meriam kuno, penjara Belanda, juga patung ondel2, selama 2 jam di Museum dan berfoto2, badanku merasa kaga enak, kayaknya sakit….ku ajak brother pulang ke hotel. Dan istrirahat.

Sabtu (15/3/08) Badan masih kurang sehat, daripada tidur dikamar, kuputuskan ikut jalan ke Gelodok, disini gudangnya elektronik, sama seperti di pasar Cempaka Banjarmasin, cd-cd bajakan juga di jual bebas di pasar ini, kebetulan aku ada software yang kucari tapi ada sebagian aja yang dapat. Aku juga beli memory card 4 giga untuk kamera digitalku, harganya lumayan terjangkau daripada beli di Banjarmasin yangnya sangat mahal. Terus perjalanan kami teruskan ke Pasar Senin dengan naik bajaj, disini kami sekalian nyari baju juga makan siang. Di pasar ini kami mampir di toko pijat refleksi, dan selama satu jam di pijat dengan mesin yang bergetar, apalagi SPGnya cantik dan cemok membuat perasaaan bergetar..ha…5x. badan udah enak perasaan hati senang, hari udah sore kami mau balik ke hotel dengan naik bus, Busyet…busnya melaju kencang…di Jakarta orang disini sangat egois yang kulihat, siapa yang duluan dia yang dapat…dangan kondisi jalan yang macet, akhirnya sampai juga di hotel.

Minggu (16/3/08) hari ini adalah hari terakhir di Jakarta, my brother ada teman di Bogor, jadi kami ikut dia naik mobil sekalian mampir dan liat kota bogor. Selama 1jam naik kereta api, hari juga hujan, apalagi di bogor terkenal dengan kota hujan, di bogor kami di ajak jalan ke Istana Bogor tapi liat-liat doang dan makan siang, sekalian pamitan dengan family teman my brother. Pulang dengan naik kereta api, karena baru pertama kali naik kereta api, maklum wong deso, jadi agak udik. Jam 1 siang waktu Jakarta kami tiba di Bandara Soekarno Hatta, naik pesawat Sriwijaya Airlines, take off meningalkan kota Jakarta dari atas dengan seribu kenangan terindah yang tak terlupakan, jam 5 sore waktu Banjarmasin kami tiba dengan selamat di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Dan pulang menemui isteri dan anak tercinta.

coba design gedung


aku belajar mendesign gedung dengan corel X3 dengan mendesain gedung, susah juga sih bikinnya. karena buru2 kejar tayang jadi background di biarkan polos, maunya sih back awan, pohon atau rumah di sekitar gedung tersebut. ntarlah bila ada waktu diperbaiki lagi.......

Pilih Kamera Nikon vs Canon???



(2/08) Selama dua tahun berhayal, akhirnya dengan hasrat mengebu, aku dapat harapan dan impianku bakal akan terwujud, aku mau beli kamera DSLR, tapi bingung milihnya???? Antara Nikon atau Canon???? Dengan saran2 dari kawan sepejuangan dan brossing di internet, aku milih Nikon! Setelah pilih Nikon, aku ada dua pilihan Nikon D40 atau D80, Bingung lagi deh…belum masalah budget yang kurang..setelah brossing di internet dan tanya2 tentang keunggulan dua kamera hebat tersebut. Akhirnya dengan pertimbangan yang sangat matang, dengan hati nurani yang paling dalam juga racun dari teman2, kuputuskan pilih. Nikon D80 + lensa 18-135mm,

OBSESI PUNYA KAMERA DSLR

Sejak dulu aku berhayal pingen mempunyai kamera digital, tapi kamera DSLR,melihat orang nentengan kameranya, wah bagus banget, kapan aku punya kamera seperti itu?? (pikirku dalam hati), aku beli majalah kamera digital juga brossing di internet tentang kamera digital, sampai artikel tentang kamera dan foto kamera digital aku pajang di dinding kamarku saking kepingennya aku punya kamera. Dengan kamera tersebut aku rencananya mau buka usaha studio foto, atau hunting foto2 seperti teman2ku. Pertama kali aku pegang kamera DSLR adalah Nikon 70 punya temanku, dia kerja di studio foto, aku pinjam, itu juga cuma 5 menit, megang aja takut jatuh atau rusak, berat juga, “kataku” dan aku bertanya2 tentang kamera dia dengan antusias, semakin ingin aku punya kamera digital. Dan aku di tambah diracun oleh teman2 wartawan B. post , sekarang dia beli kamera Nikon D80 dulu kamera pocket digital. Wah tambah pingen punya kamera digital, tapi gimana??? Aku tak punya uang, tabungan aja kaga punya, belum biaya hidup anak dan istri, makan apa meraka berdua???? Bingung…..akan kah impian dan harapanku bakal terwujud …nunggu waktu berlalu dan rezeki allah SWT…amin..1000x.